Sabtu, 26 Juni 2010

Kajian WebUsability : www.indonesia.go.id (situs pemerintah coy... hahahahaha) PENDAHULUAN

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari tugas akhir Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. saya hanya melakukan kajian terhadap faktor usability (kegunaan) dari antarmuka website www.indonesia.go.id

Tulisan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu :
Bagian 1 : Pendahuluan
Bagian 2: Evaluasi Heuristik Poin 1 – 5
Bagian 3: Evaluasi Heuristik Poin 5 – 10
Bagian 4: Penutup

PENDAHULUAN

kita sebagai developer terkadang memiliki kesulitan-kesulitan tertentu dalam membangun sebuah aplikasi, apakah kesulitan secara teknis, algoritma ataupun secara design.
namun apapun kesulitan yang dihadapi, yang paling utama dari suatu aplikasi,adalah bagaimana aplikasi tersebut dapat digunakan, mudah digunakan, dan memberikan kepuasan terhadap user. maka inilah yang menjadi pokok utama dalam pembuatan aplikasi yaitu usability.

usability adalah bagaimana baiknya seorang user dapat belajar serta menggunakan aplikasi untuk memenuhi tujuan mereka dan kepuasan dalam prosesnya. (usability.gov)

namun, apa sih faktor2 yang berperan dalam usability?

pada usability.gov disebutkan, faktor2 yang berperan dalam usability adalah :
1. ease of learning - seberapa cepat seorang user yang tidak pernah melihat userinterface dapat menyelesaikan basic tasknya.
2. efficiency of use - seberapa cepat seorang user setelah mempelajari bagaimana menggunakan sistem tersebut, menyelesaikan task secara keseluruhan?
3. memorability - jika seorang user pernah menggunakan aplikasi tersebut,apakah pada penggunaan selanjutnya user dapat mengingat howtodo untuk menggunakan aplikasi tersebut secara efektif?
4. error frequentcy and severity - seberapa sering user melakukan eror, seberapa serius eror tersebut, dan bagaimana user me-recover dari eror tersebut?
5. subjective satisfaction - seberapa besar user menyukai menggunakan sistem tersebut?

setelah tahu faktor2 yang membangun usability, lalu bagaimana kita tahu suatu aplikasi memiliki usability yang baik? jawabanya adalah dengan TESTING dan EVALUASI.


salah satu metode untuk evaluasi adalah Jakob Nielsen's heuristic evaluation.

Rolf Molich dan Jakob Nielsen (1990) mengembangkan satu set heuristik yang mungkin paling sering digunakan dalam bidang desain antarmuka. setelah mengevaluasi beberapa set heuristik,Nielsen (1994) datang dengan satu set yang lebih baik:

Visibility of system status - Sistem harus selalu informasikan pengguna tentang apa yang terjadi, melalui umpan balik yang sesuai dalam waktu yang wajar.

Match between system and the real world - Sistem harus berbicara bahasa pengguna ', dengan kata-kata, frase dan konsep akrab bagi pengguna, bukan istilah berorientasi sistem.

User control and freedom - Pengguna sering memilih fungsi sistem dengan kesalahan dan akan memerlukan "emergency exit" yang jelas untuk meninggalkan state yang tidak diinginkan tanpa harus melalui dialog yang panjang.

Consistency and standards - Pengguna tidak harus bertanya-tanya apakah kata-kata yang berbeda, situasi, atau tindakan memiliki makna yang sama.

Error prevention - dibandingkan dengan pesan error yang baik, desain yang dapat mencegah eror yang terjadi merupakan hal yang utama.

Recognition rather than recall - Minimalkan beban memori pengguna dengan membuat objek, tindakan, dan pilihan terlihat.

Flexibility and efficiency of use - Permudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.

Aesthetic and minimalist design - Dialog tidak boleh berisi informasi yang tidak relevan atau jarang dibutuhkan.

Help users recognize, diagnose, and recover from errors - Pesan kesalahan harus diungkapkan dalam bahasa polos (tidak ada kode),menunjukkan masalah, dan memberikan solusi.

Help and documentation - Meskipun lebih baik jika sistem dapat digunakan tanpa dokumentasi, tetapi mungkin perlu untuk memberikan bantuan dan dokumentasi mengenai penggunaan sistem.



maka saya akan membahas sebuah website dengan metode ini, website yang akan saya bahas adalah www.indonesia.go.id. website in merupakan website pemerintahan yang menjelaskan mengenai negara indonesia, pemerintahannya, serta aspek2 yang terkandung didalamnya. website ini dibuat oleh Sekertariat Negara Republik Indonesia den Departemen Komunikasi dan Informatika.



lanjut gan, ke entri heuristic point 1-5!

5 komentar:

  1. Hmmmmm....
    agak bingung nih ga ada screen shootnya..

    http://adef07.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  2. nanti lah de... ini kan baru pendahuluan...

    BalasHapus
  3. cukup mewakili indonesia dari segi tampilan flash yang menunjukkan keberagaman suku bangsa,ada bagan yang menunjukkan hasil bumi dan semacamnya...hemmm....gud lah ^^

    BalasHapus
  4. wow, website punyanya indonesia nih...
    udah hampir semua informasi seputar negara indonesia ada di website itu. tapi menu-menu yang ada di topik berita susunannya berantakan, jadi nilai estetikanya aga sedikit berkurang,hehehe

    Isna mariam G64070061
    http://isnam07.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  5. visit mine too at: http://enengm07.student.ipb.ac.id
    or http://biocomscie.blogspot.com

    BalasHapus