Sabtu, 26 Juni 2010

Kajian WebUsability : www.indonesia.go.id (situs pemerintah coy... hahahahaha) HEURISTIC POINT 6-10

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari tugas akhir Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. saya hanya melakukan kajian terhadap faktor usability (kegunaan) dari antarmuka website www.indonesia.go.id

Tulisan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu :
Bagian 1 : Pendahuluan
Bagian 2: Evaluasi Heuristik Poin 1 – 5
Bagian 3: Evaluasi Heuristik Poin 5 – 10
Bagian 4: Penutup

6. Recognition rather than recall

pada website ini, simbol2 yang digunakan cukup familiar, sehingga user mudah mengenalinya, seperti tanda search yang berupa gambar kaca pembesar dan dibantu oleh tulisan "cari", serta tanggal yang berupa kalender.



7. Flexibility and efficiency of use

website ini tidak fleksible dan efisien, karena bukannya mempermudah task yang dilakukan pengguna, web ini justru menyulitkan penggunanya. misalnya seperti apa yang saja jelaskan pada subbab 5. Error prevention

8. Aesthetic and minimalist design

order!

tidak semua menu atau halaman dalam suatu urutan tertentu dan tidak rapi, pdahal hal ini membantu user, lihat pada Topik Berita, semua topik yang ada tidak diurutkan, padahal dengan membuat urutan lebih mudah untuk user mencari berita terkait.



full already?

website ini sekilas terlihat sangat penuh, karena white spcae yang kurang, banner kanan dan kiri, yang terlalu banyak, serta adanya flash ditengah2 halaman. penempatan elemen2 yang terlalu dekat,sehingga membuat ambiguitas, seperti pada search.

9. Help users recognize, diagnose, and recover from error

apa yang anda harapkan pada website yang bukannya membantu anda mencegah eror, namun malah membuat anda melakukan kesalahan? namun, pada saat anda ingin mencoba masuk sebagai admin pada website ini, jika anda melakukan kesalahan, error message yang muncul seperti ini : dan masalahnya adalah, bukannya eror message ini muncul pada halaman login, namun yang terjadi adalah eror message muncul pada halaman putih yang tidak terload karena eror tersebut, dan untuk kembali dari eror, anda perlu menekan tombol OK pada error message tersebut.



10. Help and documentation

tidak adanya bantuan bagi pengguna baru, sungguh terlalu dan menyulitkan....

1 komentar:

  1. wah bagus nih , seharusnya situs web yang besar namanya harus diurusin, ini menyangkut indonesia dimata dunia . keep posting blog.. :D

    http://khamdana07.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus